Dengan menjamurnya sosial marketplace, sosial network, blog dan website gratis maka setiap orang hanya dituntut untuk sedikit atau minimal memiliki kemampuan dalam mendirikan toko online atau website berupa web company profile, portfolio ataupun cv bagi perorangan. Kemampuan yang diperlukan biasanya hanya mendaftar, menulis, photography dan upload photo. Beberapa sosial network, toko online dan website gratisan ini menyediakan pilihan konsep design namun tidak sedikit juga yang tidak menyediakan dan hanya tersedia design standar atau bahkan memungut biaya yang cukup besar untuk mendapatkan design yang sesuai.

Pertanyaan yang kemudian timbul, masih relevankah pada saat seperti sekarang ini untuk memiliki domain sendiri atau cukup dengan subdomain seperti nama cyecye.multiplies.com atau dyedye.wordpressed.com atau lylelye.co.cc dan lain-lain?

Jawaban dari pertanyaan tersebut sudah tentu beragam dan semua tergantung sudut pandang masing-masing individu. Tetapi ada hal penting yang patut kita perhatikan yaitu beberapa nama layanan ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita antara lain Tripod, Geocities yang dimiliki oleh AOL (perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika), Anglefire, Co.cc atau Friendster. Mereka semua adalah layanan blog, sosial networking atau web gratisan yang tutup dan bangkrut atau seperti friendster yang akhirnya pindah jalur bisnis dan menghapus semua data pribadi penggunannya atau Co.cc sebuah jasa subdomain gratisan yang pada akhirnya dibanned dari google dan tidak muncul lagi dalam hasil search enginenya.

Yang patut diperhatikan adalah setelah sekian lama kita membangun brand perusahaan melalui jasa website, sosial networking atau blog gratisan tersebut dan berhasil. Berapa banyakkah kerugian yang perusahaan kita alami ketika layanan gratis tersebut tutup dan bangkrut karena cacat dalam model bisnisnya? Baik kerugian dari sisi waktu, tenaga, penjualan ataupun dari sisi konten dan brand.

Pada saat Friendster, Geocities atau Tripod berjaya, siapa yang berpikir bahwa raksasa tersebut suatu saat akan tutup dan bangkrut. Hampir semua analis bisnis pada waktu itu berpendapat hal itu mustahil.

Mengikuti trend memang penting, apalagi dalam dunia networking tetapi menjadikan web gratisan atau sosial networking sebagai satu-satunya online presence perusahaan adalah kesalahan yang sangat fatal. Dengan semakin mudahnya jasa pembuatan web design perusahaan maka memiliki website perusahaan dengan domain sendiri adalah sebuah keharusan.

(berbagai sumber)

www.brotherdomain.com merupakan situs yang menyediakan domain dengan nama-nama MENARIK, UNIK, FRIENDLY dan KEKINIAN pas bagi Anda yang sedang membuat BRANDING untuk usaha Anda